Bangunkan Ruang Mengaji Santri di Pedalaman Maros
Terkumpul
Rp 29.104.678
Batas Waktu
0 hari lagi
Program Oleh
SObat Makassar
Terverifikasi

“Saya mendirikan TPA ini agar anak-anak yang ada di Desa Bonto Manurung, khususnya di Dusun Baru, dapat belajar membaca al-Qur’an melalui TPA yang saya bentuk ini, sehingga tidak ada lagi anak-anak yang buta aksara al-Qur’an,” ujar pejuang Qur’an dari pelosok Maros, Syamsul Alam (33).

TPA Al-Hijrah berdiri pada 2016. TPA ini aktif mengajarkan baca tulis al-Qur’an kepada anak-anak di Kampung Bonto Manurung, Dusun Baru, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Hingga saat ini ada sekitar 60 santri yang aktif belajar al-Qur’an setiap harinya.

TPA ini lahir sebagai bentuk keprihatinan Syamsul melihat anak-anak di kampungnya yang tak memiliki  fasilitas belajar al-Qur’an. Ia nekat untuk memanfaatkan kolong panggung rumahnya untuk mengajarkan al-Qur’an bersama sang istri. Selain untuk mengaji, kolong panggung ini juga dimanfaatkan sebagai musala untuk salat berjamaah warga sekitar.

“Saat ini, anak-anak belajar di bawah kolong rumah, karena kami belum punya kelas atau tempat belajar yang memadai untuk mereka. Tapi walau belajar di bawah kolong rumah, anak-anak terlihat sangat semangat sekali dan rajin untuk datang mengaji,” katanya.

Ayo bantu anak-anak Bonto Manurung punya tempat mengaji dan tempat salat. Semoga donasi yang dikeluarkan mendapatkan balasan kebaikan yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin.

Untuk Mendukung Program Ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG".
2. Masukkan "NOMINAL" yang anda inginkan dan "Sertakan Doa terbaik Anda".
3. Pastikan Anda sudah mengisi form yang tersedia dengan benar.
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, BNI Syariah dan Virtual Account BNI) dan jika sudah login bisa medapatkan "kemudahan dalam bertaransaksi"
5. Lakukan transfer sesuai dengan Informasi yang terdapat di invoice yang dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account diharapkan melalukan pembayaran sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Pastikan email Daarul Qur'an dan Sedekah Online berada di "kotak masuk/primary Anda" untuk mendapatkan update laporan program melalui email.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

Donatur Ikut Bangun Rumah Tahfidz di Pedalaman Maros

Pembangunan Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, terus dilakukan dengan dana yang diberikan dari para donatur. Ada yang istimewa pada Ahad (1/3) lalu, saat pembuatan septic tank nampak sejumlah orang yang membantu proses pembangunan. Setelah diketahui mereka adalah donatur rumah tahfidz yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk mensukeskan pembangunan.

Pimpinan Cabang PPPA Daarul Qur’an Makassar, Andi Kurniawan berkata, “salah satu upaya untuk terus menjalin silaturahmi dengan para donatur dan relawan. Mengajak mereka untuk meninjau proses pembangunan yang sedang kita lakukan. Tidak hanya meninjau, Alhamdulillah mereka juga turut gotong royong bantu pembuatan septic tank dan tanggul."

Lokasinya yang berada di pelosok Maros dan harus menghabiskan waktu hampir dua jam di perjalanan, sama sekali tidak mengurungkan semangat mereka untuk berkunjung ke daerah yang sangat potensial dengan wisatanya ini. “Ini pure kemauan para donatur, katanya mau refreshing sekaligus meninjau lokasi dibangunnya Rumah Tahfidz di sini,” tutur Andi.

Sebab kerja keras relawan, warga dan juga donatur untuk pembangunan, hingga kini telah berdiri satu unit rumah tahfidz yang akan digunakan mengaji oleh anak-anak. Rencananya, dua unit rumah tahfidz akan dibangun di atas lahan yang diwakafkan Syamsir (33) seorang dermawan yang berharap tempat tersebut dapat menampung lebih banyak penghafal Al-Qur’an.

“Mohon do’a dan dukungannya mudah-mudahan Allah berikan kelancaran dan kemudahan dalam proses pembangunan rumah tahfidz ini. Insya Allah secepatnya bisa digunakan mengaji oleh anak-anak di sini,” harap Andi

RUMAH TAHFIDZ UNTUK SANTRI PEDALAMAN MAROS

SObat baik masih ingatkah bantuan yang SObat berikan kepada Ramli dan teman-temannya yang mengaji di bawah kolong rumah guru ngajinya Ust. Syamsul Alam?, Meski keadaan bangunan yang kurang nyaman dan tempat yang tidak terlalu luas, tetapi di sinilah ramli dan 60 teman-teman nya belajar mengaji dengan tekun.

Sangat miris memang jika sarana dan prasarana tempat mereka mengaji jauh dari kelayakan dan rasa nyaman. Jika kita melihat tempat mengaji di wilayah Jakarta sangatlah jauh dibanding saudara-saudara kita yang berada di wilayah pedalaman.

Kini, SObat baik atas bantuan kalian progress pembangunan Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an di Tompobulu  Alhamdulillah ,sudah sampai pada tahap pembangunan pondasi. InsyaAllah pekan ini akan dilanjutkan pendirian rangka dan dinding bangunan. Rangka bangunan yang digunakan dipilih dari kayu dengan kualitas bagus yang diambil langsung dari Kabupaten Sinjai. 

Sebanyak 3 kubik kayu, 26 biji spandek, dan bamboo diangkut menggunakan mobil truk dari Kabupaten Sinjai ke lokasi pembangunan Rumah Tahfidz di Tompobulu, Maros. 

“Insya Allah dalam waktu kurang lebih dua pekan Rumah Tahfidz Tompobulu diharapkan sudah selesai dan bisa digunakan. Warga di sini akan terus membantu selama pembangunan berlangsung, anak-anak juga senang ada tempat belajar Qur’an yang bagus dan memadai di daerah ini,” tutur Pak syamsir, Kepala Dusun Baru, Tompobulu.

Kepada SObat baik, mari terus bantu bangunkan ruang mengaji sekaligus tempat sholat untuk saudara kita di Kampung Bonto Manurung, Dusun Baru, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Semoga ikhtiar ini menjadikan Ramli dan teman-temannya  terus bersemangat dan istiqomahan dalam mentadaburi Al- Qur’an. Mari kita wujudkan cita-cita Ramli dan teman-temannya untuk jadi Penghafal Al-Qur’an dengan mendirikan dan pendampingan Rumah Tahfidz disekitar rumahnya. Aamiin.

Beritahu Program ini kepada Teman Lewat :
WHATSAPP

Disclaimer : Kami SedekahOnline.com tidak mewakili dan bertanggung jawab atas informasi program ini. Segala bentuk informasi yang ada di program ini sepenuhnya milik Penggalang Dana.