Masuk atau daftar untuk
menggunakan fitur lainnya dari Sedekah Online

Enam wilayah di Sulawesi Selatan terendam banjir dan sebagian tertimbun longsor akibat meluapnya air sungai Jenebarang di Bendungan Bili-bili pada Selasa (22/1/2019). Keenam wilayah tersebut adalah kabupaten Gowa, kota Makassar, kabupaten Maros, kabupaten Pangkep, kabupaten Barru dan kabupaten Soppeng.

Merespon bencana ini, PPPA Daarul Qur’an telah mengirimkan tim Siaga Bencana (SIGAB) Makassar untuk memberikan layanan medis, bantuan logistik dan trauma healing kepada warga terdampak bencana melalui kordinasi kantor Cabang PPPA Daarul Qur'an yang berada di Makassar. Demikian seperti disampaikan Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an Tarmizi As Shidiq.

“Tim dibagi menjadi empat. Tim pertama ke Kabupaten Gowa yang terisolir. Tim kedua melakukan evakuasi medis menggunakan mobil Qur'an untuk transportasi korban banjir ke rumah sakit di Daerah Rapocidu,” ujar Tarmizi pada Selasa (22/1/2019).

Tarmizi melanjutkan, tim ketiga diterjunkan untuk datang ke lokasi-lokasi yang belum tersentuh bantuan, melakukan penilaian kemudian mencatat kebutuhan paling medesak warga. Sementara tim keempat menyalurkan bantuan di masing-masing lokasi.

“Kebutuhan paling mendesak adalah hygine kit, pakaian, makanan siap saji, peralatan dan perlengkapan bayi,” ucap Tarmizi.

Oleh karenanya ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut membantu korban terdampak banjir dan longsor di Sulawesi Selatan. “Bagi yang ingin berdonasi, bisa langsung kirimkan donasinya melalui Rekening Kemanusiaan atau SedekahOnline.com,” ujar Tarmizi.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

UPDATE 3 : Tim SIGAB Susuri Desa Rannaloe

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an berhasil susuri Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Rabu (23/1/2019). Curah hujan yang tinggi pada Selasa (22/1/2019) berdampak pada tanah longsor di kawasan Rannaloe.

"Akses menuju lokasi sangat sulit, jadi kita pakai motor milik warga untuk menjangkau lokasi dan mendistribusikan bantuan logistik dan layanan medis,” kata Koordinator tim SIGAB PPPA Daarul Qur'an Makassar Ilyas Abdullah.

Sesampainya di sana, Tim SIGAB menemukan Dg. Ngenah korban yang tertimpa material longsor mengalami patah tulang rusuk dan tangan. Dg. Ngenah harus ditandu sejauh sembilan kilometer dengan menyisir tebing Rannaloe menuju Desa Bissoloro, tempat mobil Ambulance bersiap siaga untuk mengantar korban ke Rumah Sakit di Makassar.

Saat ini, persediaan makanan di Rannaloe mulai berkurang. Komunikasi dengan warga setempat juga terhambat karena terbatasnya sinyal jaringan seluler. Kepada seluruh jamaah, mari terus salurkan bantuan untuk para korban di Sulawesi Selatan. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

 

UPDATE 2 : SIGAB Turut Evakuasi Tanah Longsor di Sapaya

Selain air yang menggenang pemukiman penduduk Sulawesi Selatan, bencana banjir akibat curah hujan tinggi juga mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik. Salah satunya di Jalan Ciniayo, Lingkungan Bone Baru, Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bugaya. Lokasi ini telah terisolisir dampak tanah longsor sejak Selasa (22/1/2019) lalu.

Kamis (24/1/2019), tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an tiba di Sapaya. Sulitnya akses perjalanan sama sekali tidak menyurutkan semangat Tim SIGAB untuk menjangkau lokasi tersebut. Karena jalan satu-satunya menuju Sapaya terputus, genangan air di sungai dan persawahan justru menjadi jalur alternatif untuk tiba di lokasi.

Hingga kedatangan tim SIGAB, reruntuhan bangunan masih terlihat berserakan di longsoran tanah yang masih basah. Beberapa pohon terlihat ambruk dan menimpa sejumlah rumah warga.  Sesampainya di sana, tim langsung turun tangan membantu para warga untuk melakukan evakuasi.

Tim SIGAB juga membuka posko layanan kemanusiaan di Masjid Syuhada 45, Sapaya. Dalam posko tersebut, tim memberikan fasilitas dapur umum dan layanan kesehatan untuk para warga yang terdampak. Kami mengajak kepada para jamaah untuk ikut membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana di Sulawesi Selatan. Semoga para korban senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.[]

 

UPDATE 1 : SIGAB Salurkan Bantuan Korban Banjir SulSel

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an bersama relawan Makassar tiba di Desa Rappocidu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. pada Selasa (22/1/2019). Berbagai bantuan logistik berupa 50 makanan siap saji, 34 dus air mineral, dan 23 tabung gas elpiji 3 kg telah dibagikan kepada para korban terdampak banjir di sana.

Selain bantuan logistik, tim SIGAB juga membawa obat-obatan untuk keperluan layanan medis. Bantuan ini sangat dibutuhkan untuk para korban yang sudah mulai terserang berbagai penyakit seperti gatal-gatal, pilek, dan demam. Beberapa korban juga mengeluhkan penyakit maag akibat sulitnya akses keluar masuk desa sehingga makan tidak teratur.

Hingga saat ini, 34 keluarga telah menerima bantuan dan 167 pengungsi mendapat layanan trauma healing dari tim SIGAB. Untuk mempermudah penyaluran bantuan, tim SIGAB juga membuka posko layanan medis yang dibantu oleh dokter dan beberapa relawan kesehatan. Kami mengajak kepada para jamaah untuk terus mendoakan dan memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir di Sulawesi Selatan. Semoga kita senantiasa dalam perlindungan Allah SWT, Aamiin.[]

TOTAL DONATUR : 151
50.000
Amrin khariri
06 February 19
Ya Allah kabulkanlah semua Hajat keluarga", teman" hamba.
250.000
Hamba Allah
06 February 19
100.000
Hamba Allah
06 February 19
50.000
Hamba Allah
05 February 19
Semoga bisa membantu
50.000
Hamba Allah
04 February 19
TAMPILKAN DONATUR LAINNYA
sedekah telah selesai