Masuk atau daftar untuk
menggunakan fitur lainnya dari Sedekah Online
Ada Rumah Qur’an SedekahOnline di Lombok
Tanggal Terbit: 28 Januari 2019

Sebanyak 187 Rumah Qur’an berdiri di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rumah-rumah yang dibangun Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an ini merupakan bagian dari program pemulihan pascagempa besar yang mengguncang wilayah ini pada 2018 silam.

“Jadi saat ini sudah dibangun 187 Rumah Qur’an. Di Lombok Timur 87 rumah, Lombok Utara 100 rumah,” kata Direktur Utama Program PPPA Daarul Qur’an Tarmizi Ashidiq, Senin (28/1/2019).

Konsep Rumah Qur’an sendiri adalah rumah bantuan. “Jadi kenapa disebut Rumah Qur’an? Karena ada komitmen dari Daarul Qur’an kepada masyarakat penerima, pada saat nanti ia mendapatkan bantuan rumah, maka ia harus berkomitmen untuk belajar al-Qur’an. Satu keluarga penerima bantuan rumah harus belajar al-Qur’an, yang nantinya dibimbing oleh guru dari kita yang memang ustadz pengabdian yang dikirim ke daerah tempat mereka,” papar Tarmizi.

Hunian senilai 17,5 juta rupiah ini dibangun berkelompok dan menggunakan materi daur ulang bekas bangunan yang rusak akibat gempa. Rumah Qur’an yang dibangun berkelompok ini kemudian menjadi Kampung Qur’an. Di Lombok sendiri saat ini sudah ada dua Kampung Qur’an.

“Kalau di NTB ada di Lombok Utara tepatnya di Desa Sigar Penjalin dan Lombok Timur di Desa Obel-obel,” katanya.

Dari ratusan Rumah Qur’an yang berdiri di Lombok, ada beberapa Rumah Qur’an yang didirikan berdasarkan donasi para donatur melalui SedekahOnline.com. Hingga saat ini, donasi untuk Lombok masih dibuka untuk melengkapi target 1000 rumah di akhir 2019 ini. 

"Semoga ikhtiar ini terwujud dengan dukungan berbagai pihak tentunya. Terima kasih kepada para pengguna donatur di SedekahOnline.com yang telah berdonasi. Semoga Allah SWT melipatgandakan pahala dan melimpahkan keberkahan-Nya,” tutup Tarmizi.(mnx)

SEDEKAH POPULER